Makna Khatmil Qur’an Dalam Shalat Sebagai Syarat Wisuda Bagi Santri Pondok Pesantren Wali Songo Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.35132/albayan.v8i2.1162Keywords:
Khatmil Qur'an, Graduation, Santri, Living Qur'an, Boarding SchoolAbstract
Penelitian ini menggambarkan praktik pembacaan al-Qur’an dalam tradisi khatmil Qur’an di Pondok Pesantren Wali Songo Situbondo. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah mengetahui praktik dan pemaknaan pelaku terhadap tradisi khatmil Qur’an dalam shalat di Pondok Pesantren Wali Songo Situbondo. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan selama dua bulan di Pondok Pesantren Wali Songo Situbondo yaitu pada bulan September sampai Oktober 2023 dan wawancara kepada beberapa informan yang terlibat langsung dalam pelaksanaan khatmil qur’an sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data yang terkait dengan tema penelitian. Teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim digunakan untuk menganalisa makna dari pelaku dalam praktik ini. Penelitian ini menyimpulkan dua hal; pertama, praktik khatmil Qur’an dalam shalat merupakan ujian bagi santri tafidz yang telah menghafal 30 juz sebagai persyaratan untuk wisuda al-Qur’an. Dalam pelaksanaannya kegiatan khatmil Qur’an dalam shalat dilaksanakan selama semalam suntuk yaitu setelah shalat isya’ sampai menjelang subuh. Kedua, pemaknaan praktik khatmil Qur’an dalam shalat berdasarkan teori Karl Mannheim, ditemukan tiga katagori makna yaitu, makna obyektif sebagai serangkaian kegiatan pembacaan al-Qur’an bil hifdzi yang dilakukan santri tahfidz sebagai persyaratan wisuda. Makna ekspresif sebagai ittiba’ kepada kebiasaan yang dilakukan oleh Usman bin Affan, memperkuat hafalan, dan menguji hafalan santri. Sedangkan makna dokumenter adalah praktik membudayakan bacaan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
Downloads
Published
Versions
- 2025-10-06 (2)
- 2025-06-09 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 umi nuriyatur rohmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.