This is an outdated version published on 2025-08-18. Read the most recent version.

PENDIDIKAN MORAL PADA KISAH NABI YUSUF DALAM AL-QUR’AN (MENURUT TAFSIR AL-MISBAH KARYA M.QURAISH SHIHAB)

Authors

  • Hartono Hartono Sekolah Tinggi Al-Qur’an Wali songo situbondo
  • Nurul agustin Sekolah Tinggi Al-Qur’an Wali songo situbondo

DOI:

https://doi.org/10.35132/assyifa.v4i2.1273

Keywords:

Nilai-Nilai Moral, Tafsir Al-Misbah, Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Pendidikan Moral Pada Kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur’an. Moral dimasyarakat memerlukan nilai-nilai seperti sabar, pemaaf, amanah seperti yang telah dicontohkan oleh kisah Nabi Yusuf. Ada dua  Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya bagaimana kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur’an  dan bagaimana nilai-nilai moral yang terkandung dalam kisah Nabi Yusuf menurut Tafsir Al-Misbah karya M.Quraish Shihab dengan menggunakan metode penelitan pustaka. Manfaat yang diharapkan untuk mengetahui dan mengaplikasikan nilai-nilai moral pada kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur’an  dengan penafsiran M.Quraish Shihab di tengah-tengah masyarakat. Nilai-nilai moral pada kisah Nabi Yusuf menurut M.Quraish Shihab meliputi nilai-nilai akhlak terdapat beberapa bagian yaitu: sabar, pemaaf kepada saudara, menghormati majikan, amanah, jujur, berbakti kepada orang tua seperti yang telah dicontohkan oleh kisah Nabi Yusuf. Dalam Tafsir al-Mishbah Quraish Shihab mengunggkapkan bahwa surah Yusuf merupakan surah yang unik karena menguraikan suatu kisah yang terkait dengan figure kepribadian sempurna. Menurutnya, sementara ulama memahami bahwa kisah dalam surah Yusuf ini, digelari sebagai ahsan al-Qashshas (sebaik -baik kisah) bukan saja lantaran isi kandungannya yang kaya dengan pelajaran tuntunan dan hikmah, tetapi kisah ini juga kaya pula dengan gambaran yang sesungguhnya tentang hidup, menggambarkan gejolak hati pemuda, rayuan wanita, kepedihan, kesabaran, dan kasih sayang ayah.

References

Aat Agustini,Wawan Kurniawan,Pendidikankarakter Untuk Perguruan Tinggi,Cirebon: Lovrinz Publising,2017),
Abdul Mustaqim, “kisah Al-Qur’an hakekat, Makna, Dan Nilai-NilaiPendidikannya”, (Ulumm, XV nomor 2, Desember 2011)
Abdul Mustaqim,penelitian Al-Qur’an dan tafsir
Aiman Mahmud,Tuntunan Dan Kisah-Kisah Teladan Berbakti Kepada Orang Tua,TT: Aiman Pustaka, 2020.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Ke Empat,(Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama,2015)
Hasanah, W. A., & Hartono, H. (2024). Analisis Larangan Ghibah dalam Surat Al-Hujurat Ayat 12 Pendekatan Fenomologi Sosial. As-Syifa. Jurnal of Islamic Studies and History, 3(1).
M.Quraish Shihab, Al-Lubab Makna, Tujuan Dan Pelajaran Dari Surah-Surah Al-Qur’an, (Tangerang: Lentera Hati, 2012 ).
Misbahar, Pesan Moral Dalam Kisah Nabi Yusuf Studi Penafsiran Buya Hamka Dan Sayyid Kutub, (Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. 2020)
Pusat Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta,Gramedia Pustaka Utama,Cet.1 Edisi IV,2008)
S.m. suhufi,kisah-kisah dalam al-qur’an,terj. Dan stories from Qur’an oleh Alwiyah Abdurrahman,(bandung:al-bayan,1995) cet.III.
Shofiyah Nurul Huda, Fira Afrina, Rosulullah Sebagai Role Model Bagi Pendidik,(Kajian Terhadap Al-Qur’an Surah Al-Ahzab ayat 21), UIN Islam Nageri Sumatera Utara Medan, Jurnal Of Islamic Education, Vol 1, Sumatera, 2020. Kata Role Model Mmepunyai arti seseorang yang dijadikan standar atau sosok ideal oleh sesuatu kelompok karena perannya.
Istifadlah, D. N. (2024). Nilai-Nilai Egaliter dalam Al-Qur’an Perspektif Tafsir Fii Zhilalil Qur’an Karya Sayyid Quthb. AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 5(2).
Tim penulis, kamus besar bahasa Indonesia,pusat bahasa,departemen pendidikan nasional,gramedia pustaka utama,2012
Yatimin Abdullah,akhlak dalam perspektif Al-Qur’an.

Downloads

Published

2025-08-18

Versions

Issue

Section

Articles